Kenali Beberapa Penyebab Penyakit Jantung Ini Agar Bisa Antisipasi

penyakit jantung merupakan pembunuh terbesar kedua di indonesia. Sebab itulah diperlukannya langkah antisipasi dalam meminimalisir jumlah korban yang terkena penyakit ini. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Sehingga harusnya kita tahu beberapa penyebab penyakit jantung agar bisa menghindarinya. Berikut ulasannya.


Stres Berlebihan

kebanyakan orang yang mengalami stres sangat mudah untuk terserang penyakit. Hal ini karena ketika seseorang mengalami stres tubuh manusia akan mengalami reaksi pada otak yang menyebabkan meningkatnya hormon hipotalamus yang akan memicu pelepasan hormon adrenalin dan hormon kortisol.

Kedua hormon tersebut menyebabkan meningkatnya tekanan darah dan menaikkan gula darah. Efeknya akan sangat merugikan bagi tubuh dan mudah terserang penyakit. Sehingga perlunya melakukan olahraga dan refreshing agar menurunkan tingkat stress seseorang juga akan membuat jasmani lebih sehat dan terlihat lebih segar.

Bahkan saat tubuh kita stres, hal-hal yang kadang tidak terfikirkan bagi kita untuk terkena penyakit jantung bisa mempengaruhi timbulnya penyakit tersebut. Normalnya orang akan biasa untuk mendengarkan suara bising kendaraan. Namun ketika kita sedang stres hal itu bisa membuat meningkatkan tekanan darah anda naik hingga bisa mengalami gagal jantung.

Kurang Istirahat

penyakit akan sering mengganggu tubuh kita apabila kita tidak memberikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh. Tubuh manusia kira-kira membutuhkan waktu delapan jam untuk tidur. Walaupun pekerjaan terus menumpuk tetaplah harus berusaha memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk menormalisasi kerjanya.

Istirahat berfungsi untuk mengembalikan dan menyegarkan fungsi organ-organ tubuh sehingga dapat bekerja kembali seperti semula. Selain akan menjaga kesehatan, tubuh terutama kulit kita akan terlihat lebih kencang dan segar daripada orang yang kurang istirahat. Selain itu, saat tubuh kita tertidur hormon melatonin akan memperkuat sistem imun secara lebih maksimal.

Faktor Usia

memang tidak bisa dikesampingkan bahwa usia juga menjadi faktor pemicu datangnya beberapa penyakit. Tidak terkecuali untuk menjadi penyebab penyakit jantung. Hal ini dikarenakan semakin tua maka semakin melemah juga otot jantung kita. Selain pelemahan otot, usia juga menyebabkan penebalan pada otot yang menyebabkan pembuluh darah semakin mengecil.

Kurang Beraktivitas

Perlu bagi kita untuk melakukan peregangan-peregangan ringan ketika jeda beraktivitas. bahkan saat kita beristirahat juga. Saat beristirahat bukan berarti menjadi alasan kita untuk bermalas-malasan. Bahkan ketika menonton TV bisa membuat seseorang terserang penyakit, terutama penyakit jantung.

Seperti penelitian yang dilakukan oleh (American Heart Assosiation) yang menyatakan bahwa berdiam diri dalam waktu yang lama dapat menjadi faktor yang menyebabkan munculnya serangan jantung dan stroke. Terlebih bila kita berdiam diri dan makan makanan ringan secara berlebihan akan meningkatkan anda terkena obesitas dan penyakit lain.

Kurang Menjaga Kebersihan

kebersihan lingkungan menjadi hal vital yang perlu diperhatikan. Karena tempat-tempat yang kurang terjaga kebersihannya akan menjadi wadah berkembang biak penyakit. Seperti contoh adalah menjaga kebersihan gusi. Penyakit gusi bisa menjadi penyebab penyakit jantung dikarenakan bakteri di gusi akan menyebabkan peradangan yang berefek pada pembuluh arteri.

Akibatnya pembuluh darah arteri mengalami penyumbatan yang disebabkan oleh tertumpuknya plak. Akhirnya karena aliran darah terganggu menyebabkan resiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Kondisi yang demikian ini biasanya disebut dengan aterosklerosis.

Penyakit memang selalu memberikan kekhawatiran bagi manusia. Namun karena hal itulah menjadi penting bagi kita untuk terus menjaga kesehatan. Dengan kita menjaga kebersihan baik diri kita sendiri maupun lingkungan akan secara otomatis membuat kita merasa nyaman dan aman dari serangan penyakit apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel