Ibu Hamil Harus Tahu Daftar Makanan Penambah Darah Berikut

kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap keluarga. Namun perlu diperhatikan bahwa kebutuhan gizi yang diperlukan oleh ibu harus selalu tercukupi. Ibu hamil biasanya mengalami ancaman kekurangan darah sebelum atau pasca melahirkan. Untuk itu berikut ini daftar makanan penambah darah yang bisa jadi solusi anda.


Bayam

Kekurangan darah atau anemia biasanya disebabkan oleh kurangnya kandungan zat besi dalam tubuh. Solusi yang murah dan mudah ditemukan disekitar kita salah satunya adalah bayam. Dalam sayuran ini mengandung banyak sekali nutrisi, serat, dan juga rendah kalori.

Bayam dikenal memiliki kalsium, vitamin A, B9, E, C, zat besi, serta neta karoten. Disebutkan dalam penelitian bahwa dalam setengah cangkir bayam rebus mengandung sedikitnya 3,2 mg zat besi. Oleh sebab itulah bayam sangat baik untuk dikonsumsi orang-orang yang mengalami anemia atau kekurangan darah.

Dalam penyajiannya pun sangat mudah. Anda bisa menyantap bayam dengan direbus, ditumis dan lain sebagainya. Selain banyaknya pilihan dalam mengolahnya cara ini juga memudahkan tubuh untuk menyerap nutrisinya.

Daging Merah

Daging menjadi santapan lezat yang bisa jadi pertimbangan pilihan penambah darah selanjutnya. Bagi penderita penyakit kekurangan darah mengonsumsi daging merah segar seperti daging sapi, kambing, atau domba sangat dianjurkan. Terutama adalah pada bagian jantung, hati, dan ginjal.

Hal ini terjadi karena daging merah dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. Selain meningkatkan darah dalam tubuh, daging juga merupakan penuh nutrisi penting dan protein yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Terdapat kurang lebih 1 hingga 2,5 mg zat besi heme yang terdapat dari sekitar 3 ons daging sapi yang dimasak. Bila anda mengonsumsi 3 ons hati sapi atau ayam, anda akan mendapatkan kurang lebih sebanyak 2,1 mg. Oleh karena itu daging menjadi makanan penambah darah yang dapat dikonsumsi setidaknya sekali dalam tiga minggu.

Tomat

Mengkonsumsi tomat ternyata dapat meningkatkan jumlah darah yang ada dalam tubuh anda. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tomat memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Tomat dikenal dengan kandungan beta karoten, vitamin E dan juga zat besi.

Cara untuk mengonsumsi tomat pun mudah. anda bisa memakan secara langsung tomat yang telah dicuci bersih satu atau dua buah sehari. Hal ini cukup untuk meningkatkan vitamin C yang bermanfaat untuk mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh. Ini sangat bermanfaat bagi penderita anemia.

Madu

Madu merupakan sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi. Selain itu tomat juga mengandung vitamin dan mineral. Dalam tiap 100 gram madu bisa memiliki sekitar 0,42 mg zat besi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu kandungan tembaga dan magnesium dalam madu juga membantu menambah hemoglobin dalam tubuh.

Cara mengonsumsi madu sangat mudah. anda bisa menambahkan sesendok madu kedalam minuman anda setiap hari. Selain bisa menjadi penambah dalam minuman anda, madu juga bisa dikonsumsi secara langsung setiap pagi karena rasanya yang manis.

Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan makanan yang kaya akan zat besi, selain itu jenis kacang polong ini juga dapat meningkatkan hemoglobin yang bermanfaat untuk penambah darah. Selain menjadi makanan penambah darah, kacang hijau juga dikenal sebagai penambah antioksidan dalam tubuh untuk menghindari radikal bebas.

Beberapa makanan diatas mudah untuk ditemukan disekitar kita dan juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh kita. Dengan makan secara teratur dan tetap pada porsinya akan menjaga tubuh kita dan dapat menjadi solusi bagi penderita anemia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel