Hati-Hati Obesitas Pada Anak, Ini 6 Penyebabnya!


Mempunyai anak yang gemuk memang terlihat lucu yah dan juga menggemaskan!

Tapi kamu tau nggak?! Ada studi yang menyatakan bahwa anak yang tumbuh gemuk memiliki resiko yang sangat tingggi untuk obesitas saat beranjak dewasa nanti loh! kondisi ini makin diperparah dengan resiko masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes hingga penyakit jantung.



Ada bebera acuan kenapa anak bisa Obesitas, jika kita melihat dari studi Institute of Medicine dikatakan di sana bahwa, kondisi obesitas yang terjadi pada anak tidaklah selalu karena makanan, tetapi bisa juga karena prilaku keliru yang dilakukan kita sebagai orang tua.

Pada studi yang dijalankan itu, banyak orang tua yang melakukan kesalahan, sehingga anaknya menjadi obesitas. Dan berikut dibawah ini adalah 6 penyebab obesitas pada anak!

Duduk di Kereta Dorong

Dengan duduk di kereta dorong, mungkin anak akan lebih tenang ketika diajak jalan-jalan
Tapi tau nggak sih? Terlalu sering menggunakan kereta dorong akan membuat anak malas bergerak loh, hal ini akan sangat beresiko untuk anak mengalami obesitas. Padahal untuk anak usia dini sangat disarankan untuk selalu melakukan aktifitas fisik, seperti seperti berjalan, melompat, dan berlari, untuk mendapatkan tumbuh kembang yang optimal.

Minum Susu Sambil tidur

Gimana mau minum susu, sebaiknya bangunkan dulu anak kita yah sebelumnya
Menurut sejumlha dokter, memberikan minum anak pada tengah malam, apalagi memberikan susu formula, sangat tidak disarankan yah! Karena itu dapat memicu obesitas pada anak, kecuali susu yang diberikan berupa ASI, dan pastikan anak kita sudah terbangun dulu ketika kita memberikan susunya,  jangan sambil tidur!

Aktifitas Nonton

Ketika anak kita menonton sesuatu, otomatis tidak ada pergerakan apapun selain matanya yang menatap lurus kelayar telivisi dan mulutnya yang terbuka. Itu juga menjadi factor utama penyebab obesitas pada anak yah! Belum lagi jika anak kita sudah semakin modern dengan menggunakan Gawai/smartphonenya akan berjam – jam mematung menatap layar smatphonnye itu.

Membolehkan anak untuk memilik makanan

Terdengar kejam memang, tapi jika kita mempunyai prinsip “yang penting makan” maka anak hanya akan memilih makanan yang menurutnya “enak” tanpa menilai dari sisi kesehatannya!
Itulah pentingnya kehadiran kita sebagai orang tua, kita harus bisa mengontrol makanan yang dikonsumsi anak kita, walaupun terdengar kejam!

Aktifitas yang Sebenarnya Bukan Aktifitas

Jalan-jalan ke Mall cenderung sekali akan membuat kita jenggah dengan anak kita yang lari-larian kesana-kesini dan mencari kita suci untuk mendamaikan negeri ini, sehingga membuat kita akhirnya menempatkan anak kita ke kereta dorong kembali, dan kemudian makan di restaurant dengan kualitas makanan yang kurang sehat! Jika anak kita kurang melakukan gerakan dan terlalu lama di simpan di kereta dorong, resiko obesitas anak akan semakin besar mengintai!

Kurang Jam Waktu Tidur

Jam waktu tidur anak sangat penting untuk diterapkan, berikut daftar jam waktu tidur untuk anak :
Bayi di bawah usia tiga bulan : 10 s/d 18 Jam Sehari
Bayi usia 3-12 bulan : 9 s/d 12 Jam Sehari
Balita berusia 1-3 tahun : 12 – 14 Jam Sehari
anak-anak berusia 3-5 tahun : 11-13 Jam Sehari

menurut beberapa penelitian ahli, kurang tidur pada anak dapat memicu keinginan anak untuk memakan makanan yang tidak sehat, hal itu tentu saja akan berpotensi menjadi penyebab obesitas pada anak. Untuk itu kita sebagai orang tua, harus segera siap sedia untuk memastikan anak kita mendapatkan jam tidur optimalnya!

Sekian dari saya, semoga artikel yang membahas tentang  obsesita pada anak, dengan judul Hati-Hati Obesitas Pada Anak, Ini 6 Penyebabnya! Bisa menambah informasi yah!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel