Kamu Terlalu Ganteng?! Siap Siap Jadi Pengangguran!


Ingat semboyan ini “Orang Ganteng & Cantik selalu menjadi Tolak Ukur sebuah Pekerjaan”
Semboyan yang kita pegang teguh, karena adanya kriteria pekerjaan yang menautkan “Berpenampilan menarik” akhirnya runtuh sudah berkat penelitian yang diadakan oleh London Business School & University of Maryland.



Dimana kedua universita tersebut melakukan sebuah penelitian, pada empat perusahaan yang berbeda yang berlokasi di Amerika dan inggris, dan menghasilkan fakta bahwa :

Orang Terlalu Ganteng tidak selalu Beruntung
Pekerjaan orang terlalu ganteng tidak special
Di Musuhi Bos karena terlalu ganteng
Dianggap menyaingi Bos
Di tempatkan pada tata kerja yang tidak dapat membuatnya berkembang

Point diatas, sebenarnya saya simpulkan sendiri ketika membaca artikel tentang ini yang dimuat di situs berita nasional,

Dalam situs itu dinyatakan bahwa, seorang pria yang terlalu ganteng. Akan memiliki resiko besar yang mengancam karirnya, di tuliskan juga dalam studi yang dijalankan itu bahwa hal ini disebabkan karena  wajah ganteng tersebut dianggap sebagai “ancaman” bagi bos mereka yang tentu saja seorang pria!

Ketika bos merasa ada ancaman mendekat, maka mode pengaman pun dijalankan dengan tidak akan memberikan kesempatan berkembang untuk menunjukan kemampuan orang yang terlalu ganteng itu.
Seperti yang saya jelaskan diawal, London Business School berkolaborasi dengan peneliti dari University of Maryland melakukan penelitian dari empat kantor yang berbeda di amerika serikat dan di inggris, dan dikatakan dalam studi itu, saat seseorang laki-laki akan memperkerjakan laki-laki lain, maka keputusan terbesar mereka akan bergantung pada seberapa menariknya calon pekerja dan jenis pekerjaanya itu.

Menurut studi itu, semakin menarik atau semakin terlalu ganteng calon karyawan itu, makan akan sangat beresiko untuk ditolak bekerja, jika pun akhirnya diterima, posisi yang akan ditempatinya bukanlah posisi yang stategis dalam pengembangan diri, seperti misalnya sales atau investmen banking malah akan ditempatkan di tempat yang tidak terlalu penting, calon karyawan yang terlalu ganteng itu juga berpotensi besar akan bekerja dimana tidak sejalan dengan kemampuan yang dia miliki.

Dalam studi itu, Prof Sun Young Lee, ketua peneliti dari University of Maryland. Menyampaikan bahwa
"namun dengan banyak perusahaan yang melibatkan karyawan dalam proses rekrutmen, poin penting ini harus diperhatikan.Akan tetapi kesadaran bahwa perekrutan dipengaruhi oleh hubungan kerja potensial dan kecenderungan stereotip yang dapat membantu organisasi meningkatkan proses seleksi mereka,"
Bagaimana?! Kamu merasa beruntung dengan memiliki paras yang biasa saja?
Yang perlu di ingat, itu hanyalah studi yang dijalankan diluar negeri dan hanya dijalankan pada empat perusahaan, jadi hasil studi diatas bisa jadi hanyalah pendapat dari sang peneliti atau bisa jadi memang ke empat perusahaan itu sangat “iri” kepada orang yang terlalu ganteng, sehingga takut tersaingi karirnya!

Mari kita syukuri apa yang kita punya, sangat beruntung kita berada di Indonesia yang memiliki fakta menarik, yang memiliki kemampuan lah yang bekerja! Mau seganteng dan setampan apapun kita, jika tidak memiliki kemampuan. Maka bekerja untuk siapapun tetap tidak akan berguna!
Untuk kamu yang sedang kesusahan mencari kerja, mari kita khusnudzon saja, Bisa saja alasannya karena kamu terlalu ganteng!

Sekian artikel dari saya yang membahas tentang Kesusahan orang terlalu ganteng dalam mencari kerja, dengan judul Kamu Terlalu Ganteng?! Siap Siap Jadi Penganguran! Semoga artike ini bermanfaat dan bisa membuat kamu bertambah ilmu yah!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel