Batu Empedu, Apakah Batu Empedu Harus di Operasi


Apa itu batu empedu

Batu empedu ialah batu kecil  bersasal dari kolestorl, dan yang membetuk di saluran empedu masusia.
Sebagian besar penyakit batu empedu pada awalnya , penderita batu empedu tidak mengalami gejala apapun.
Batu empedu juga bisa terjadi di saluran empedu , yang terjadi sakit perut scara mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu.
Akan tetapi , kadang batu empedu akan menyumbat bagian ujung empedu  yang berpotensi memicu rasa sakit yang cukup hebat secara tiba-tiba dan mendadak.
Kantung empedu  ialah organ yang kecil , yang terletak dibagian bawah organ hati.
Organ kecil ini  mampu memproduksi dan menyimpan cairan empedu yang sangat penting perannya dalam proses pencernaan, termasuk mencerna kolesterol yang terkandung dalam makanan setiap kita komsumsi.  


Penggobatan batu empedu

 Batu empedu berukuran kecil sama sekali tidak menimbulkan gejala, penangan secara medispun tidak perlu di lakukan.
Apabila seorang penderita merasakan gejala sakit perut mucul secara tiba-tiba, nah ini tindakan medis perlu segera di lakukan.
Ada 2 metode pengobatan batu empedu dengan cara operasi pengangkatan kantung empedu atau komsumsi obat.
Namun, penggunaan obat jarang di lakukan karena kurang efektif  , untuk mengobati batu empedu.

Apakah batu empedu harus di operasi ?

Nah sering sekali banyak pertanyan apakah batu empedu harus di operasi ?
Apakah ada obat tradisinal untuk tidak melakukan operasi? Hal ini biasanya terjadi pada orang yang takut berkonsultasi ke pada doker, jawabnya  tentu  tergantung seperti apa karakter batu empedunya.
Ada juga  yang tidak di lakukan operasi hanya di berikan obat anti nyeri , ada yang di hancurkan batu empedunya dengan cara terapi ESWL, kadang ada yang di ambil batu empedunya dengan ERCP dapa juga yang harus di operasi.
Untuk mengetahui terapi  ,dan langkah apa yang akan di lakukan yang harus konsultasikan ke dokter spesialis bedah. Jangan takut kok belum tentu di oprasi he he


 Pencegahan Batu Empedu

Kontrol berat badan anda karena kegemukan salah satu faktor resiko batu empedu, orang kegemukan umumnya memiliki kadar kolesterol tinggi , yang akan menyebabkan kantung empedu sulit mengosokannya. Nah itu anda perlu mengontrol berat badan agar selalu dalam rentang  sehat dapat mencegah batu empedu

Terapkan pola makan sehat dan jadwal makan yang teratur dapat memperkecil resiko kena batu empedu, tentu juga pililah makanan dengan baik untuk mencegah batu empedu.

Lakukan olahraga yang teratur dapat membatu mempertahankan maupun menurunkan berat badan. Olahraga juga dapa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi , untuk itu olahraga dapat membatu mencegah batu empedu. Sangat di sarankan olahraga setidaknya dalam sehari minimal 30 menit atau tau 150 menit setiap minggunya.

Hindari kebiasaan konsumsi obat tertentu karena obat dapat meningkatkan risiko mengembangkan  batu empedu. Contoh obat penurun kolesterol , hal yang ini dapat terjadi karena obat tersebut dapat meningkatkan jumlah kolesterol yang dilepaskan ke dalam empedu , tentu hal ini dapat terbetuknya batu empedu.

semoga dengan tulisan ini dapat memberikan wawasan mengenai batu empedu, marilah sama-sama kita jaga kesehatan  .


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel