Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Komputer Paling Gampang, Solusi Cepat Tangani Sendiri!

Cara mengembalikan File yang terhapus di Komputer - Tidak jarang ketika Anda sedang mengecheck File, Ternyata terdapat banyak sekali Bug/sampah pada Komputer yang perlu dibersihkan. Jika dibiarkan, Bug/sampah tersebut dapat membuat kinerja Komputer Anda berkurang dan kapasitas RAM yang tersedia menjadi Full. Hanya perlu menggunakan keyboard “Shift” untuk memilih file dengan jumlah yang banyak dan “Delete” untuk menghapus. Tetapi, terkadang Anda keblablasan hingga tidak sengaja memilih file dan menekan Keyboard “Delete” sehingga File yang semestinya tidak perlu dihapus jadi ikut hilang.

Cara mengembalikan File yang terhapus di Komputer


 Hal itu membuat Anda panik dan berusaha mencari Cara mengembalikan File yang terhapus di Komputer. Bukan hanya karena kesalahan manual tidak sengaja terhapus, File Anda pun juga dapat tiba-tiba hilang karena serangan Virus pada Komputer Anda. Kejadian tersebut pastinya membuat kesal jika bertepatan dengan File yang sangat Anda butuhkan. Harap Tenang! Pada Artikel kami kali ini, Anda dapat melakukan Langkah-langkah berikut untuk mengatasinya. Namun sebelum itu Anda perlu mengetahui kemana perginya File  Anda yang Telah terhapus atau hilang dengan sendirinya. Karena sedikit yang menyadari bahwa terhapusnya File itu ada dua, yaitu terhapus sementara dimana File tersebut dapat Anda temukan dalam tempat sampah Komputer dan terhapus secara permanen (tidak bisa dikembalikan lagi).

Melalui Recycle Bin Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

 
Bagi Anda pengguna Windows bila tidak sengaja menghapus File, Langkah pertama yang Anda lakukan ialah Mengecheck “Recycle Bin” sebagai salahsatu Cara mengembalikan File yang terhapus di Komputer. Anda akan menemukan icon “Recycle Bin” bergambar tempat sampah yang terletak tepat dibawah gambar  Downald. Berikut langkahnya :
- Klik “Recycle Bin” 
- Cari dengan men-Scroll File yang dituju. Anda dapat >mengetik pada kolom “search” yang terdapat pada pojok kanan atas.
- Setelah ketemu, >klik kanan kemudian akan muncul option “Restore” yang berfungsi mengembalikan File Anda. >Klik Ok
- File Anda dapat kembali seperti semula.
Secara otomatis File sebelumnya yang terhapus akan kembali ke tempat dimana Anda menaruhnya. Akan lebih mudah bila Anda dapat mengingat nama File yang telah  terhapus. Tapi akan sedikit sulit bila Anda lupa nama sehingga harus mencari satu persatu. Kemudian ada Langkah yang dapat dilakukan melalui aplikasi bawaan Komputer Anda yakni :
- Klik menu > “Start” yang berlambang Windows
- Klik tulisan >“Control Panel”
- Pilih > “System and Maintence”
- Klik > “Backup and Restore”
- Pilih > “Backup”
Kemudian Anda tinggal menunggu hingga proses Backup selesai nantinya Anda dapat menemukan File Anda yang terhapus.

Metode Lain Tentang Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer Dengan Software 
 

Jika langkah-langkah sebelumnya masih belum berhasil sebagai cara mengembalikan File yang terhapus di Komputer Anda, Jangan berkecil hati! Karena sebenarnya menggembalikan File yang terhapus tidaklah sulit apalagi kemajuan teknologi yang semakin canggih. Oleh karena itu, tersedia berbagai jenis Software yang dapat Anda gunakan dengan menginstall pada Komputer Anda terlebih dahulu. Salahsatu Software yang sangat popular dikalangan Masyarakat ialah Wise Data Recovery Recuva. Software ini terbercaya dan telah banyak digunakan karena pemakainnya yang mudah. Berikut angkah-langkah mengembalikn File yang terbapus di Komputer dengan Recovery:
- Anda perlu mendownald dan menginstall Aplikasi Recovery terlebih dahulu.
- Selanjutnya, Klik kanan lalu tahan agar Anda bisa melakukan “Extract”
- Setelah Anda berhasil mengekstrak, buka “Folder Recuva” yang tertera dan pilih option yang sesuai dengn Komputer Anda.
- Anda dapat membuka AplikaSI Recuva melalui “Wizard”. Langkah yang tersedia pada Wizard dapat Anda ikuti semuanya. Kemudian buka Recuva dengan mengklik option “Next”
- Jika telah berhasil membuka Aplikasi Recuva, Anda akan diberikan pilihan tentang tipe File yang ingin dikembalikan. Anda dapat mengklik option “All Files” dimana Anda dapat mengembalikan semua jenis File, mulai dari foto, Video, Document dan jenis lainnya.
- Setelah itu klik Option “Next”
- Aplikasi Recuva akan meminta Anda menunjukkan lokasi atau tempat penyimpanan dimana File hilang yang dicari. Bila Anda tidak mengingat dimana File terakhir disimpan, pilih option “I am not sure”. Tapi, bila Anda mengingat dimana tempat penyimpanan sebelummnya pilih option “In a Spesific Location” lalu Browse tempat file yang hilang dan klik “Next”
- Tunggu proses instalasinya setelah Anda klik option “Start”
- Pada langkah berikutnya akan muncul “Welcome to te Recuva Wizard”. Anda akan ditawarkan untuk menginstall aplikasi lain bernama CCleaner. Jika tidak penting, Anda dapat mengapus centang yang ada dalam kolom.
- Buka Recuva Wizard dari Komputer dan pilih jenis File apa yang ingin Anda kembalikan baik itu berupa document, gambar atau video. Selanjutnya klik “Next”
- Tentukan tempat penyimpanan File yang terhapus supaya proses cepat selesai.
- Selanjutnya jika sudah ketemu,pilih “Next” lalu klik pada tombol bertuliskan “I’m not sure”
- Centang kolom yang berisi Option “Enable Deep Scan” lalu klik “Start”. Pada bagian ini Recuva akan mencari File yang hilang dengan waktu yang cukup lama. Anda hanya perlu bersabar ya.
- Setelah itu hasil sortir akan muncul, Anda hanya perlu memilih File mana yang ingin dikembalikan dengan mencentang kolom pada File-file yang ada. 
- Langkah yang terakhirialah klik kanan dan pilih option “Recover Highlited” dan akhiri dengan klik “Recover”
- File Anda dapat kembali seperti semula.

Pada era saat ini telah terdapat berbagai macam-macam Software lainnya yang dapat diunduh dan diinstall sebagai Alternatif bagi Anda cara mengembalikan file yang terhapus di Komputer.  Diantaranya :
 
1. R-Studio 
Aplikasi ini cocok digunakan untuk siapa saja karena penggunaanya yang mudah. Anda dapat mengembalikan File dari Hardisk juga dapat mengembalikan File yang terhubung pada Komputer seperti Flashdisk dan Hardisk Eternal.  Jika File yang Anda temukan rusak dapat diperbaiki dengan text-anda-hexademical editor.
2. Stellar Phoenix
Aplikasi ini dapat mengembalikan File satu folder maupun tertentu saja. Stellar Phonix juga dapat mengembalikan file dari USB, SD Card, Cd, dan DVD.
3. Pandora Recovery
Sangat cocok digunakan bagi Anda yang masih pemula karena Aplikasi ini menggunakan Wizard. Anda akan dituntun setiap tahapnya seperti pengecekan Recycle bindan pemilihan recovery.
4. Art Plus Digital Photo Recovery
Berbeda dengan Software yang lain, Aplikasi ini hanya mampu mengembalikan file berupa foto, video dan audio dari memory card. Coock sekali digunakan bagi pengguna Android, Windows Phone dan Iphone.
5. Disk Drill
Merupakan salahsatu Software yang terbaik. Karena dapat mengembalikan file yang hilang mulai dari kerusakan praktisi, serangan virus, listrik yang tiba-tiba, atau ketika Anda menghapus Recycle bin secara tidak sengaja.

Nah, itu semua adalah Tips dari kami cara mengembalikan File yang terhapus di Komputer yang dapat Anda lakukan baik secara manual atau melalui install Software. Semoga bermanfaat buat kalian semua Guys. Oke, sekian dari kami dan terimakasih. Selamat mencoba! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel