Jamur Lidah itu Berbahaya tidak bisa dipanen, kenali segera ciri-cirinya!

Jamur tidak hanya bisa tumbuh pada tubuh bagian luar yah, juga bisa terjadi para organ dalam seperti lidah. Jamur pada lidah ini seringkali tidak disadari oleh penderitanya.

jamur lidah itu berbahaya tidak bisa di panen, kenali segera ciri-cirinya


Penderita akan menganggap jamur ini sebagai sariawan yang wajar terjadi, inilah yang menyebabkan penanganan jamur di lidah sering tidak optimal.

Kondisi yang terjadi pada organ dalam manusia, yang bisa tumbuh di lidah dan rongga mulut ini, dalam dunia medis dikenal sebagai oral candidosis, dan penyebabnya adalah jamu jenis candida,walau sebenarnya jamur ini secara alami ada di dalam rongga mulut di hampir semua manusia, dan tidak membahayakan.

Namun fakta menyebutkan, pada kondisi tertentu jamu ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia, terutama pada bayi yang jelas system imunya belum terbentuk sempurna dan pada orang yang sudah lanjut usia, dimana kekebalan tubuhnya mulai melemah.

Jamur ini juga dapat menimbulkan gangguan pada orang dewasa, jika dalam kondisi :

Menggunakan antibiotik dalam jangka panjang
Menggunakan obat jenis steroid, untuk penderita asma
Tidak menjaga kebersihan mulut
Penggunaan gigi palsu yang tidak bersih dan tidak sesuai ukuran
Merorok
Sedang kemoterapi atau radiasi.
Orang dengan diabetes.
Orang dengan gangguan tiroid.
Defisiensi zat besi, dan vitamin B12.
Orang dengan HIV/AIDS.

Setelah kita tahu, orang dewasa juga bisa mengidap penyakit jamu ini, sekarang kita akan mencari tahu apasih ciri-ciri jamur yang tumbuh pada lidah?

Berikut adalah kondisi dimana jamur candida sudah benar-benar menjamur di lidah kamu :

Dalam ronga mulut akan ada bintik atau bercak putih
Kamu akan merasa kemampuan mengecap rasa kamu berkurang
Tenggorokan dan area mulut akan kemerahan
Kulit pecah pada bagian sudut bibir kamu
Kamu akan mengalami, nyeri, panas di area mulut
Sulit menelan

Jika kamu mengalami kondisi diatas, segera konsultasikan ke dokter yah! Agar mendapatkan penanganan medis yang tepat!

Kamu mungkin harus tau juga nih, perbedaan dari jamu dan sariawan biasa.
Kamu benar-benar membutuhkan pengobtan khusus, jika mengalami infeksi jamur ini. Dokter biasanya akan memberikan obat anti jamur yang bisa kamu minum.
Pengobatan pada jamur lidah ini tentu saja berbeda dengan infeksi jamur pada kulit luar, yang bisa diobati dengan krim antijamur.

Kamu harus bisa membedakan mana sariawan biasa dan kondisi jamur lidah yah! Karena biasanya sariawan yang kamu alami akan langsung sembuh dengan obat anti radang, tapi jika diberikan pada kondisi jamur lidah ini, bukanya sembuh  jamur malah akan semakin tumbuh subur, karena obat anti radang biasanya berisi stroid.

Kamu juga perlu mengingat, bahwa kondisi jamur lidah ini tidak terjadi pada sembarang orang, melainkan pada orang yang memiliki kondisi tertentu yang sudah saya jelaskan diatas.
Tapi kalau kamu merasa tidak mengalami kondisi yang saya jelaskan diatas, dan sekarang mengalami gangguan jamur ini, kamu bisa langsung konsultasikan ke dokter spesialis yah!

Buat kamu yang ingin mencegaj jamur tumbuh liar di lidah dan ronga mulut, kamu harus benar-benar bisa menjaga kebersihjan mulut, dengan melakukan hal dibawah ini :

Menyikat gigi secara teratur
Kunjungan ke dokter gigi secara rutin
Hindari merokok,

Yah, berikut diatas adalah artikel yang saya buat tentang jamur di lidah kita yang tidak bisa kita panen, dan sangat berbahaya! Tetap jaga kesehatan yah!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel