Asus ExpertBook B9, Laptop Paling Ringan di Dunia yang Wajib Kamu Miliki

 Emang ada laptop teringan di dunia? Asus ExpertBook B9 adalah jawaban tepatnya.

Ya, baru – baru ini Asus kembali memperkenalkan laptop anyarnya di lini flagship ExpertBook. Menariknya, salah satu keunggulan ExpertBook B9 adalah laptop tersebut memiliki bobot kurang dari 1 kg. Tak heran jika laptop Asus terbaru ini digadang – gadang sebagai laptop paling ringan di kelasnya.

Asus ExpertBook B9


Tidak hanya ringan, ExpertBook B9 juga menjadi laptop paling tipis yang jauh dari kata “Ringkih”. Bagaimana tidak, laptop ExpertBook B9 di desain dengan body berspek militer yang juga mengantongi sertifikat MIL-STD-810G.

Tertarik untuk memiliki ExpertBook B9? Simak review Asus ExpertBook B9 selengkapnya berikut ini.

Asus ExpertBook B9, Laptop Paling Ringan di Dunia yang Wajib Kamu Miliki

Berkat memiliki body yang kokoh, produsen mengklaim Asus ExpertBook B9 mampu menahan beban hingga 30 kg, baik dari atas maupun bawah laptop. Tidak hanya itu, laptop Asus tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur unggulan, Spill Resistance yang berguna untuk melindungi keyboard dari tumpahan air.

Menjadi salah satu laptop unggulan Asus, kira – kira seperti apa spesifikasi Asus ExpertBook B9?

Asus ExpertBook B9


Spesifikasi Asus ExpertBook B9

Laptop baru Asus, ExpertBook B9 memiliki bentangan layar 14 inch dengan bezel yang super tipis, yakni hanya 4 mm saja. Laptop tersebut di desain dengan engsel yang memungkinkan layarnya untuk dibuka dengan mudah hingga 180 derajat, atau dalam posisi rata. Pengguna bahkan tak perlu khawatir soal privasi, Asus telah membekali ExpertBook B9 dengan penutup webcam fisik. Artinya, Anda tak perlu lagi repot – repot harus melepas pasang stiker pada webcam saat melakukan panggilan video.

ExpertBook B9 juga dirancang dengan fitur ErgoLift Hinge. Tujuannya, untuk menaikkan sudut kemiringan keyboard ketika layar dibuka. Dengan demikian, posisinya pun jadi lebih nyaman digunakan dalam waktu lama. Apabila Anda cukup sering berurusan dengan angka, Asus ternyata sudah menyediakan tips dan trik khusus yang mampu tingkatkan kenyamanan dan produktifitas penggunanya. Lihat saja pada ExpertBook B9 sudah ada Touchpad ExperBook B9 yang bisa difungsikan sebagai numpad, atau numeric keypad.

Lalu bagi penikmat konten multimedia, laptop ExpertBook B9 ini ternyata juga menawarkan layar IPS beresolusi Full HD dan sistem audio Harman Kardon yang canggih banget. Pada bagian jeroannya, sudah ada dapur pacu prosesor Intel Core generasi ke-10 (i5 dan i7). Tidak hanya itu, juga masih ada RAM berkapasitas maksimum 16 GB dan media penyimpanan SSD hingga 2 TB.

Perlu diketahui, Asus ExpertBook B9 hadir dalam dua varian. Perbedaan keduanya ada pada bobot body dan kapasitas baterai. Untuk varian pertama, ExpertBook B9 memiliki bobot 870 gram dan baterai 33 Wh, sedangkan untuk varian kedua memiliki bobot 970 gram dan baterai 66 Wh. Produsen mengklaim laptop barunya tersebut mampu bertahan selama 1 hari kerja atau selama penerbangan jarak jauh. Menariknya, ExpertBook B9 bahkan bisa aktif selama 24 jam dalam 1 kali pengisian.

Selain itu, fitur pengisian ulang dayanya pun diklaim lebih cepat. Untuk mengisi 60% kini bisa dilakukan hanya dalam waktu 39 menit saja. Meskipun hadir dalam dua varian, tetapi laptop ini masuk dalam kategori flagship dengan satu pilihan warna saja, yakni Star Black. Lalu untuk harga, Asus membanderol ExpertBook B9 dengan kisaran harga mulai Rp 27.4 juta – Rp 36.9 juta.

Asus ExpertBook B9


Kelebihan dan Keunggulan Asus ExpertBook B9

Sistem Keamanan Terjamin

Menjadi satu – satunya laptop teringan di dunia, Asus ExpertBook ternyata juga menjadi laptop dengan target utama pengguna para eksekutif yang cenderung lebih sering menyimpan banyak data atau file di dalam laptop. Bagaimana tidak, untuk penuhi kebutuhan tersebut Asus menyematkan fitur keamanan di kelas Enterprise. Pada laptop ini sudah ada fitur Windows Hello yang membuat pengguna tak perlu repot – repot mengetik password.

Selain itu, ada dua opsi login untuk menggunakan sistem Biometrik, seperti Fingerprint dan Facial Recignition Sensor. Pada bagian keamanan data, laptop ini sudah ada fitur yang mampu mengunci SSD dan BIOSnya dengan password. Adapun fitur tambahan lainnya, yakni USB Storage Block yang bisa digunakan untuk memblokir akses Disk Eksternal.

Sistem Pendingin yang Baik

Karena banyak yang mengeluhkan kalau laptop biasanya lebih cepat panas, apalagi dengan intensitas penggunaan tinggi. Tetapi hal tersebut ternyata tidak berlaku dengan Asus ExpertBook B9. Pasalnya, Asus membekali laptop barunya tersebut dengan sistem pendingin super canggih, Advanced Thermal Module.

Lewat sistem pendingin inilah maka ExpertBook B9 akan memiliki dimensi hingga 25% lebih kecil dibanding sistem pendingin di laptop lain. Setidaknya ada tiga kelebihan utama dari sistem tersebut, antara lain :

·         Tilted Heatsink Design

·         Memiliki struktur baik, mulai dari Heatsink, Case untuk kipas dan Heatpipe

·         Tiap sirip di Heatsink dibuat dari bahan alluminium alloy sehingga performa pelepasan panasnya setara dengan tembaga tetapi lebih ringan

Memiliki Bobot Ringan

Dikarenakan target marketnya adalah para eksekutif, tak heran jika Asus cukup memperhatikan bobot body laptop barunya tersebut. Lihat saja, pada ExpertBook B9 memiliki bobot yang tergolong ringan dengan berat tak lebih dari 1 kg saja. Bukan tanpa alasan, Asus sendiri ternyata membuatnya dengan material berkualitas khusus, magnesium lithium. Material atau bahan tersebut dikenal memiliki bobot lebih ringan dan memiliki tingkat kepadatan hanya 1.51 gram per cm3.

Daya Baterai Awet

Bagi mereka dengan mobilitas tinggi, baterai pastinya menjadi salah satu faktor penting ketika memilih laptop. Makanya, Asus membekali ExpertBook B9 dengan baterai yang awet banget. Hal tersebut didukung dengan layar berteknologi PSR atau Panel Self Refresh yang memiliki konsumsi daya lebih rendah dibanding layar standar.

Tidak hanya itu, ExpertBook B9 juga menggunakan prosesor 10th Gen Intel Core terbaru dengan tampilan cTDP sebesar 10 – 25 Watt sehingga membuat daya baterainya bisa lebih awet.

Performa Mumpuni

Meski ringan dan tipis, namun isis ExpertBook B9 tergolong tangguh. Hal tersebut dibuktikan berkat hadirnya prosesor Intel Core 10th Gen versi terbaru. Pada ExpertBook B9 ada dua varian prosesor, yakni Intel Core i5 untuk pengguna dengan kebutuhan standar, dan Intel Core i7 buat merek yang butuh performa lebih kencang. Kedua varian mengusung konfigurasi 4 Core dan 8 Thread.

Lalu pada bagian RAM, Asus sudah menyematkan RAM berkapasitas 16 GB + fitur Dual Channel + dua media penyimpanan NVMe PCIe x4 SSD hingga 2 TB.

Asus ExpertBook B9


Konektifitas Lengkap

Kelebihan Asus ExpertBook B9 lainnya adalah ada pada bagian konektifitasnya. Pada ExpertBook B9, Asus ternyata memberikan konektifitas yang lengkap, salah satunya WiFi 6. Ini merupakan fitur terbaru yang memiliki kecepatan transfer data lebih kencang dan koneksi yang lebih stabil. Tak hanya itu, ExpertBook B9 juga dibekali dengan fitur Bluetooth 5.0. Yang membuatnya semakin spesial lagi adalah hadirnya Thunderbolt 3.

Demikianlah informasi seputar Asus ExpertBook B9, laptop paling ringan di dunia yang wajib dimiliki. Semoga informasinya bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel