Dampak Positif “Budaya Penghargaan” Dalam Sebuah Bisnis


Setiap orang tentu akan senang saat diberi pujian oleh orang lain akan prestasi yang di capainya. Pujian tersebut bahkan sudah menjadi tradisi dalam hidup kita bahkan sudah tidak dapat terpisahkan. Namun, bukanlah dampak positif yang di dapatkan, sebaliknya banyak dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh budaya senang “dipuji” ini.

budaya penghargaan


Salah satu dampak buruk tersebut adalah tidak ada rasa peduli pada orang lain. Setiap orang ingin bekerja keras untuk mendapatkan pujian yang merupakan tanda kemenangan pribadi mereka. Mereka melupakan satu hal penting, yaitu berbagi dengan orang lain.

Efek dari budaya ini juga mendatangkan reaksi yang buruk. Salah satunya adalah menghambat niat seseorang yang benar-benar ingin melakukan sesuatu dengan ikhlas tanpa imbalan. Orang terpaksa harus mengikuti sistem dan budaya yang sudah ada hanya untuk bertahan. Dalam dunia bisnis, hal ini juga berlaku.

Namun, bila Anda saat ini berkecimpung dalam dunia bisnis, setidaknya, Anda tahu bahwa ada yang salah dengan hal ini. Dan, Anda dapat mulai mengubah hal ini dengan melakukan tindakan kecil, yaitu budaya penghargaan.

Jangan menunggu untuk mendapatkan pujian atau penghargaan dari orang lain. Anda dapat mulai dengan memberikan penghargaan kepada orang lain. Hal ini dapat memberikan pengaruh dan dampak yang sangat positif. Bila Anda menghargai seseorang, bukannya tidak mungkin bila orang yang Anda beri penghargaan akan memberikan apresiasi untuk Anda.

Dalam dunia bisnis sikap atau budaya penghargaan ini sangatlah berguna. Bila Anda menerapkannya pada rekan sesama pebisnis, mereka akan dapat menjadi partner bisnis yang sangat menguntungkan. Selain itu, bila hal ini tercapai, maka Anda dapat membangun jaringan bisnis yang luas dan lebih kuat. Dengan jaringan yang kuat, maka langkah untuk mengembangkan dan memajukan bisnis Anda akan berjalan lebih mudah.

Sedangkan bila Anda menerapkan budaya penghargaan ini pada karyawan Anda, mereka akan lebih semangat bekerja. Mereka akan memberikan peforma terbaik untuk perusahaan Anda. Dan karena karyawan adalah salah satu faktor penting untuk meraih kesuksesan, maka Anda sudah dapat menebak hasilnya. Perusahaan Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Budaya memberi penghargaan ini juga dapat memperbaiki hubungan Anda yang sempat renggang dengan partner bisnis atau karyawan Anda. Dengan membaiknya hubungan Anda, maka hasil yang dapat dicapai akan menjadi lebih baik dan lebih cepat diraih. Hal ini sangat berguna bila Anda dan orang tersebut mempunyai visi dan misi yang sama.

Mungkin Anda merasa sulit untuk melakukan budaya penghargaan ini, karena Anda sendiri tidak dihargai oleh orang lain. Namun, Anda dapat memecahkan masalah ini dengan cara memberikan ruang kepada apresiasi tersebut agar datang dan menyebar. Bila Anda mampu melakukannya, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, khususnya bila Anda saat ini menjalankan bisnis Anda.

Demikian ulasan singkat mengenai Dampak Positif “Budaya Penghargaan” Dalam Sebuah Bisnis yang bisa di sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat bagi pembacanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel